Pemko Payakumbuh Ujicoba Incenerator, Polres Dipermalukan…?

Payakumbuh,sumbar.auditpos.com- Aneh dan menarik disimak ekspose dekadepos.com seputar judul ” Pemko Payakumbuh Ujicoba Incenerator”. Akibatnya Kapolres, AKBP. Dony Setiawan, S.iK, MU dibuat taburansang…?

Pasalnya, dekadespos.com dalam relisenya, terkesan telah ” Permalukan Institusi Polres Kota”, sebutkan Pemko Payakumbuh melalui Rumah Sakit Dr. Adnaan WD Payakumbuh melakukan ujicoba terhadap pembakar sampah medis (Incenerator) yang telah berdiri dan bahkan ditumbuhi rumput itu.

Sedikit menarik, ujicoba yang dilakukan pada Jumat pagi 11 Oktober 2019 dikawal sejumlah anggota kepolisian dari Polres Payakumbuh. Bahkan sejumlah perwira terlihat hadir, diantaranya Kabagops Polres Payakumbuh, Kompol. Basrial, Kasat Rekrim, AKP. Ilhdam Indarmawan serta Kasat Intelkam, AKP. Zamzami.
dang dilakukan penyidikan oleh Kepolisian.

Sedangkan klikpositif.com judul ”
Polres Bersama Inspektorat Akan Audit Fungsi Alat Incenerator RSUD Adnaan WD”.

“Polres Bersama Inspektorat Akan Audit Fungsi Alat Insinerator di Payakumbuh “Kami juga merespon aduan masyarakat tentang adanya dugaan kasus korupsi (terkait insinerator ) dan meneliti peluang pemindahan alat tersebut ke tempat lain”  warga OTS sebelum uji coba fungsi insenerator dilakukan.

we

Polres Payakumbuh bersama inspektorat akan melakukan audit terhadap fungsi alat insinerator atau alat pemusnahan limbah medis yang saat ini berada di Kelurahan Ompang Tanah Sirah (OTS) Kecamatan Payakumbuh. Sebagai salah satu langkah awal yang dilakukan adalah dengan melaksanakan uji fungsi mesin insinerator , Jumat (11/10). Dalam uji fungsi itu, pihak RSUD Adnan WD mendatangkan teknisi yang nantinya akan melihat apakah mesin dari insinerator tersebut masih berfungsi dengan baik.

“Kita menindaklanjuti dari laporan masyarakat tentang fungsi dari insinerator . Jadi dengan tindak lanjut ini, kami dari kepolisian hanya akan menguji, apakah alat ini bisa menyala atau tidak,” kata Kasatreskrim Polres Payakumbuh, AKP Ilham Indarmawan di lokasi insinerator , Jumat (11/10).

“Pada pengecekan awal ada beberapa bagian kabel yang putus. Nanti akan diperbaiki untuk coba dinyalakan apakah masih bisa hidup,” tambahnya. Dijelaskan AKP Ilham, terkait insinerator sendiri pihaknya terus mengumpulkan informasi, salah satunya dari pihak inspektorat.

“Karena kami bersama-sama inspektorat akan melakukan audit tentang fungsi alat insinerator tersebut,” tegasnya. Terpisah, Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan mengatakan, dalam uji fungsi alat insinerator itu, beberapa personilnya ditugaskan di lokasi untuk mengamankan pelaksanaan uji emisi guna mendeteksi kinerja mesin dan mengukur polusi pencemaran udara yang disebabkan karena gas buang.

Hal itu untuk mengetahui dampak alat tersebut bagi masyarakat. “Kami juga merespon aduan masyarakat tentang adanya dugaan kasus korupsi (terkait insinerator ) dan meneliti peluang pemindahan alat tersebut ke tempat lain,” jelasnya. ( EB )

Share This: